5 Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Motorik Anak
- Kematangan Kemampuan anak melakukan gerakan motorik
sangat ditentukan oleh kematangan syaraf yangmengatur gerakan tersebut.
Pada waktu anak dilahirkan, syaraf-syaraf yang ada di pusat
susunansyarat belum berkembang dan berfungsi sesuai dengan fungsinya,
yaitu mengontrol gerakan-gerakanmotorik. Pada usia ± 5 tahun
syaraf-syaraf ini sudah mencapai kematangan, dan menstimulasiberbagai
kegiatan motorik. Otot-otot besar mengontrol gerakan motorik kasar,
seperti berjalan,berlari, melompat dan berlutut, berkembang lebih cepat
bila dibandingkan dengan otot-otot halusyang mengontrol kegiatan motorik
halus, seperti menggunakan jari-jari tangan untuk menyusunpuzzel ,
memegang pensil atau gunting membentuk dengan plastisin atau tanah liat,
dan sebagainya.
- Urutan Pada usia 5 tahun anak telah memiliki
kemampuan motorik yang bersifat kompleks, yaitukemampuan untuk
mengkoordinasikan gerakan motorik dengan seimbang seperti berlari sambi
lmelompat, mengendarai sepeda.
- Latihan Beberapa kebutuhan anak usia dini yang
berkaitan dengan pengembangan motoriknya perlu dilakukan latihan dengan
bimbingan guru. Banyak latihan motorik kasar maupun motorik halus.
Kebutuhan untuk bergerak dan kebutuhan untuk mengungkapkan perasaan
terdapat pada tiapinsan sejak dilahirkan. Kedua kebutuhan tersebut dapat
disalurkan dengan bermain, melalui prgorampelatihan gerakan bagi anak
usia dini.
- Motivasi Motivasi yang datang dari dalam diri anak
perlu didukung dengan motivasi yang datang dariluar. Misalnya, dengan
memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan berbagai kegiatan
gerakmotorik serta menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang
dibutuhkan anak.Pengaruh kesempatan dan kebebasan anak untuk bergerak
pada usia muda mengandungimplikasi terhadap pentingnya perkembangan
keterampilan gerak anak. Kurangnya kesadaran orangdewasa termasuk
guru-guru akan hal ini mengakibatkan langsung terhadap berkurangnya
keuntunganyang dapat diperoleh, terutama untuk mencegah pengaruh yang
menghambat tumbuh-kembang anaksecara keseluruhan.d.
- Pengalaman Perkembangan gerakan merupakan dasar
bagi perkembangan berikutnya. Latihan danpendidikan gerak pada anak usia
dini lebih ditujukan bagi pengayaan gerak, pemberian pengalamanyang
membangkitkan rasa senang dalam suasana riang gembira anak.
Peranan Perkembangan Motorik Terhadap Faktor Psikologi Sosial Anak
- Melalui keterampilan motorik, anak dapat menghibur dirinya dan
memperoleh perasaan senang.Seperti anak merasa senang dengan memiliki
keterampilan memainkan boneka, melempar danmenangkap bola atau memainkan
alat-alat mainan.
- Melalui keterampilan motorik, anak dapat beranjak dari kondisi tidak
berdaya pada bulan-bulanpertama dalam kehidupannya, ke kondisi yang
independent. Anak dapat bergerak dari satu tempatke tempat lainnya dan
dapat berbuat sendiri untuk dirinya. Kondisi ini akan
menunjangperkembangan rasa percaya diri.
- Melalui perkembangan motorik, anak dapat menyesuaikan dirinya dengan
lingkungan sekolah. Padausia prasekolah atau usia kelas-kelas awal
Sekolah Dasar, anak sudah dapat dilatih menulis,menggambar, melukis, dan
baris-berbaris.
- Melalui perkembangan motorik yang normal memungkinkan anak dapat
bermain atau bergaul dengan teman sebayannya, sedangkan yang tidak
normal akan menghambat anak untuk dapatbergaul dengan teman sebayanya
bahkan dia akan terkucilkankan atau menjadi anak yang fringer
(terpinggirkan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar