Jumat, 15 Februari 2013

Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak


Kesehatan sangat penting untuk diperhatikan, terutama kesehatan buah hati. Dalam masa pertumbuhan anak, sering sekali anak rentan terhadap penyakit terutama saat pergantian musim. Seperti gangguan saluran pernafasan, demam, flu, gangguan saluran pencernaan dari yang ringan hingga akut.

Para orang tua harus lebih waspada saat pergantian musim datang, untuk lebih menjaga kondisi stamina tubuh anak. Banyak hal yang harus diperhatikan oran tua dalam menjaga kesehatan anak. Hal yang harus diperhatikan tersebut seperti dari segi asupan gizi yang diperoleh dari makanan, kebersihan lingkungan, maupun kebersihan tubuh.
Jika stamina tubuh anak terjaga maka kemungkinan anak untuk lebih sering terjangkit penyakit akan berkurang. Oleh karenanya, orang tua harus memperhatikan segala jenis asupan makan yang masuk ke tubuh anak. Pemberian vitamin jika diperlukan juga disarankan, sesuai dengan kebutuhan dan usia anak.
Namun apabila anak sudah mengalami gejala sakit, sebaiknya orang tua sudah mulai menangani lebih serius seperti pemberian obat sesuai takaran dari dokter. Tetapi juga harus diperhatikan bahwa pemberian obat yang berlebihan akan menimbulkan efek samping yang akan membahayakan kesehatan anak. Orang tua harus lebih bijak dalam hal pemberian obat bagi balita, harus sesuai dengan kondisi sakit anak saat itu, parah atau ringan. Sebaiknya kosultasikan dengan dokter anak untuk penanganan anak yang sakit serta masalah pemberian obat.
Menjaga kesehatan anak yang sedang menghadapi masa pertumbuhan sangat penting dilakukan para orang tua. Anak yang sehat akan mengalami masa pertumbuhan yang optimal.Menjaga lebih baik daripada mengobati, selalu memperhatikan kesehatan anak sejak dini adalah lebih baik.
Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan anak :
1. Berikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang sesuai dengan usia anak.
2. Ciptakan lingkungan yang bersih terutama lingkunga di sekitar rumah dan tempat bermain.
3. Jika anak harus ditipkan ke pengasuh, ajari pengasuh untuk selalu memperhatikan kesehatan makanan yang dikonsumsi dan ajarkan untuk selalu menjaga kebersihan makanan dan tempat makan anak.
4. Selalu kenakan pakaian yang bersih dan langsung ganti jika pakaian anak kotor.
5. Periksakan kesehatan anak jika ada tanda – tanda atau gejala sakit.
6. Ajari anak untuk istirahat/tidur yang cukup, karena saat tidur adalah saat anak untuk tumbuh.
7. Biasakan untuk mengajari anak mencuci tangan sebelum makandan minum dengan memakai sabun yang mengandung antiseptik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar