Jumat, 15 Februari 2013

Mainan Untuk Pertumbuhan Anak


Bagi anak waktu bermain adalah waktu yang sangat berharga dan menyenangkan. Bermain juga merupakan tugas perkembangan yang harus dilalui masa kanak – kanak, oleh karena itu memberikan waktu bermain untuk anak adalah sangat penting.  Saat anak bermain sebenarnya saat itu adalah saat mereka mengeksplorasikan apa yang ada dalam imaginasi pikirannya.
 
Permainan yang bisa meningkatkan perkembangan otak anak, serta meningkatkan kreativitas anak harus menjadi prioroitas orang tua saat membelikan mainan untuk anak. Beberapa permainan edukatif, seperti puzzle, balok susun, plastisin, balok kecil/manik untuk meronce, dan beberapa permainan interaktif yang bisa melibatkan orang tua dan anak seperti permainan ciluk ba, petak umpet, atau bermain peran seperti dokter dan pasien, guru dan murid dsb.
Banyak permainan edukatif yang ditawarkan di pasaran, tetapi orang tua tetap harus mampu memilih atau menyeleksi permainan yang layak di mainkan oleh anak sesuai usianya. Karena dalam masa pertumbuhannya, anak – anak memerlukan masa bermain yang sekaligus sebagai masa belajarnya. Bermain sambil belajar, itu yang lebih bisa diterapkan pada masa pertumbuhan anak.
Tidak harus mainan mahal untuk menstimulasi anak dalam masa pertumbuhannya. Mainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif, perhatian dan konsentrasi, kreatifitas, membentuk fisik, melatih sosialisasi dan emosi dapat diberikan kepada anak.
Dalam masa Golden Age ini, pemberian mainan kepada anak harus menjadi perhatian penting sebagai salah satu metode belajar untuk anak. Dengan bermain akan melatih intelektual anak, daya imaginasi, melatih konsentrasi , kreatifitas, emosional dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah.
 
Berikut beberapa tips memilih mainan untuk membantu pertumbuhan anak :
1. Pilih permainan yang sesuai dengan usia anak.
2. Pastikan bahwa mainan aman untuk anak, tidak mengandung zat berbahaya/ non toxic
3. Pastikan mainan tidak memiliki ujung runcing, atau dari bahan yang mudah pecah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar