Sabtu, 02 Februari 2013

Perkembangan Keterampilan Makan

     Sejalan dengan bertambahnya usia, pemahaman ibu tentang nutrisi sebaiknya juga makin berkembang. Karena pemberian jenis makanan baru seperti bubur susu atau nasi tim ahrus dilakukan pada saat yang tepat sesuai dengan perkembangan keterampilan makannya. Bayi dilahirkan dengan kemampuan makan  refleks, seperti refleks menghisap, menelan dan selanjutnya berkembang menjadi kemampuan  mengunyah makanan padat (yang tidak disadarinya). Oleh karena itu, keterampilan anak makan harus dilatih secara bertahap.

mam yuk :)

  • Saat bayi lahir sampai usia 6 bulan, ia hanya mendapat satu jenis makanan yaitu ASI, karena sistem pencernaannya belum berfungsi dengan baik
  • Setelah itu seiring dengan membaiknya sistem pencernaannya, bayi boleh mulai dikenalkan denagn makanan tambahan selain ASI. MP-ASI terdiri dari berbagai jenis macam bahan makanan bertekstur lembut sehingga mudah dicerna lambung. Pada saat ini dapat mulai diperkenalkan bubur satu rasa, mulai dengan tekstur encer, setelah 2 minggu dapat mulai diberikan bubur dengan 2 atau 3 rasa.
  • Setelah bayi muali bisa menggerakkan lidah dan rahangnya (proses mengunyah) makanan bertekstur kasar boleh mulai diberikan.
  • Makanan berbentuk padat diberikan setelah gigi geligi si kecil tumbuh.

(ir/aa)
Sumber : Panduan Makanan Padat Pertama Bayi by SARI HUSADA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar