Jumat, 15 Februari 2013

Vitamin Untuk Pertumbuhan Anak


Dalam masa pertumbuhan anak, sangat dibutuhkan asupan vitamin yang seimbang. tetapi perlukah pemberian suplemen makanan atau vitamin untuk anak?
Sebelum kita bahas perlu tidaknya pemberian suplemen makanan untuk pertumbuhan anak, harus diketahui dulu bahwa seluruh asupan vitamin A, B, C, D dan E sudah terdapat dalam makanan
yang di konsumsi si keecil. Yang perlu diperhatikan agar vitamin untuk anak terpenuhi adalah jumlah makanan yang di konsumsi anak.
Pada usia balita, biasanya anak mengalami masalah makan mulai dari sulit makan, kesulitan mengunyah makanan, dan tidak memiliki nafsu pada makanan tertentu seperti sayur, buah, ikan dll. Untuk mengatasi hal itu, para orang tua harus memutar otak agar anak mau mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jika anak kurang terpenuh asupan vitamin dari beberapa makanan yang seharusnya dikonsumsi, mungkin sebaiknya orang tua memilih alternatif untuk memberikan tambahan suplemen vitamin untuk memnuhi asupan vitamin untuk mendukung pertumbuhan anak agar optimal. Tetapi tetap harus memperhatikan dosis yang terkandung, dan pemberian berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat protein, dan vitamin tetap harus diberikan.
Menurut AAP (American Academy of Pediatrics), satu dosis suplemen multivitamin perhari tidak membahayakan dengan catatan tiap dosis suplemen tidak melebihi angka kecukupan Gizi RDA (Recommended Daily Allowance), meskipun kelebihan itu hanya untuk satu jenis vitamin/mineral. Idealnya suplemen multivitamin kandungannya lebih rendah dari AKG (Angka Kecukupan Gizi).
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat pemberin suplemen /vitamin tambahan untuk pertumbuhan anak adalah :
  • Periksa kandungan produk yang tertera pada kemasan.
  • Perhatikan dosis pemberian untuk anak
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa, dan ijin dari BPOM dan Depkes.
  • Sebelum memberikan vitamin tambahan sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu
  • Jauhkan dari jangkauan anak untuk penyimpanannya agar anak tidak meminum /memakan vitamin berlebihan, karena kebanyakan anak suka dengan rasa manis dari vitamin tersebut.
Pemberian vitamin tambahan tidak akan berguna jika asupan gizi yang terdapat dari makanan tidak terpenuhi. karena fungsi vitamin atau suplemen ini hanya untuk mnambah kekurangan vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam masa pertumbuhan anak. Sebagai orang tua, hendaknya juga memperhatikan kebutuhan gizi ain selain vitamin, seperti protein, karbohidrat, kalsium, serat.
Anak tidak harus banyak makan untuk memperoleh itu semua, tapi harus teratur dalam mengkonsumsi makanannya dan sering. Semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, seperti sayur, buah, susu, lauk pauk maka tidak usah khawatir anak anda akan mengalamai kekurangan vitamin dalam masa pertumbuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar