Kamis, 28 Februari 2013

Pijat Bayi: Bisakah Dilakukan Sendiri? Bagaimana Caranya?


pijat bayi

Pijat bayi memang terbukti memberikan dampak yang positif bagi sang bayi. Pijat bayi bisa dilakukan oleh orangtua sendiri tidak melulu melalui jasa pemijatan bayi. Yang terpenting orangtua sudah pernah mengetahui dan belajar cara memijat bayi maka hal itu bisa dilakukannya sendiri. Malahan bagus jika orangtua yang memijat karena akan mendekatkan hubungan batin antara orangtua dan anak. Berikut beberapa tips memijat bayi yang bisa dipraktekkan.
Pertama, lakukan dulu persiapan sebelum memulai pemijatan. Ibu harus membersihkan tangan dan lebih baik tangan terasa hangat. Lepaskan segala perhiasan di tangan dan hindari kuku yang panjang. Peralatan yang perlu dipersiapkan antara lain baby oil, handuk dan popok. Kondisi bayi yang akan dipijat juga tidak boleh lapar atau baru saja makan.
Pemijatan bisa dimulai dari bagian kaki. Peganglah kaki bayi dan gerakkan tangan memutar ke bawah secara bergantian. Gerakan yang sama dilakukan dari pangkal paha ke mata kaki. Pijat pula bagian telapak kaki dengan ibu jari seperti mengurut. Kemudian pijatlah setiap jari kaki dengan memutar ke arah luar.
Tips memijat bayi berikutnya adalah di bagian perut. Pemijatan perut dilakukan dari atas ke bawah. Setelah itu, pijat perut dari sisi kiri atas ke bawah menggunakan jari tangan membentuk huruf I lalu L terbalik. Setelah perut kemudian pijatlah bagian dada. Pijat dada dari bawah hingga batas leher lalu ke samping membentuk hati. Setelahnya buat gerakan diagonal di dada.
Cara memijat bayi di bagian tangan adalah dengan memeras lengan bayi lalu lakukan gerakan memutar dari atas ke bawah. Telapak tangan juga perlu dipijat dengan ibu jari. Setelah bagian tangan kemudian bagian wajah. Gunakan jari untuk menekan lembut bagian kening, pipi dan pelipis. Gunakan ibu jari untuk memijat dari pertengahan alis ke samping kemudian ke pipinya. Pijat pula bagian rahang bawah bayi membentuk senyum bayi. Area yang perlu dipijat selanjutnya adalah punggung. Dalam hal ini, bayi harus tengkurap. Pijatlah bagian punggung atas bawah dan sebaliknya. Dari batas punggung hingga pantat pijatlah dengan gerakan melingkar.
Tips memijat bayi yang perlu selama proses pemijatan adalah ibu harus menjaga kontak mata dengan bayi. Akan lebih baik jika ibu bersenandung atau mengajaknya mengobrol. Jika bayi menangis, hentikan pemijatan. Jika pijat bayi dilakukan memakai baby oil, jangan lupa memandikan bayi setelahnya.
http://dokterbayi.com/kesehatan-bayi/pijat-bayi-bisakah-dilakukan-sendiri-bagaimana-caranya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar